Early Identification of Values in Parenting: A Content Analysis

Melanjutkan cerita tentang perjalanan ke China kemarin,  berikut dibagikan materi presentasi yang saya sampaikan dalam forum  ICP-HESOS di Zhejiang University. Ini adalah hasil riset awal yang akan saya lanjutkan dengan tahapan identifikasi berikutnya untuk memperoleh temuan yang lebih utuh dan kredibel.

Slide1Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian terhadap pola-pola perilaku anak dan remaja dalam masyarakat yang terus berubah sejalan dengan perubahan jaman. Hasil-hasil riset terdahulu menunjukkan bahwa perubahan yang ada membawa beragam tantangan sekaligus potensi persoalan yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pudarnya perilaku berbasis norma dan etika, kasus-kasus kenakalan remaja yang semakin meningkat, banyaknya keluhan tentang tindak bermasalah anak dan remaja di berbagai setting sosial menjadi dasar pemikiran untuk melakukan studi ini.

Sebagaimana dijelaskan dalam perspektif psikologi perkembangan, perilaku manusia terbentuk melalui proses belajar dalam waktu yang tidak singkat, sejak awal dilahirkan. Pengasuhan orangtua dalam hal ini mengambil peran utama dalam pembentukan perilaku individu. Value yang diyakini dan ditanamkan oleh orangtua dalam pengasuhannya kepada anak merupakan aspek yang menentukan terhadap kecenderungan berperilaku yang berbeda antar generasi.

Terkait hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi awal terhadap berbagai value dalam pengasuhan berdasarkan persepsi anak yang lahir pada 2 kurun waktu yang berbeda, yaitu: Tahun 1970an dan 1980an. Data dikumpulkan dengan memberikan pertanyaan terbuka untuk direspon secara tertulis oleh partisipan penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi.

Slide3
Slide4
Slide5

Slide6
Slide7
Slide8
Slide9
Slide10
Slide11
Slide12
Slide13
Slide14
Slide15
Slide16
Slide17
Slide18
Slide19
Slide20
Slide21
Slide22
Slide23

Iklan

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s