Menuju Era New Normal, Apa yang Harus Dipersiapkan oleh Orangtua?

Catatan kecil untuk mendampingi orangtua dalam beradaptasi dengan Era “New Normal”. Kapan persisnya era ini akan dimulai di Indonesia, masih bergantung pada kebijakan pemerintah dan kesiapan berbagai protokol untuk tetap meminimalkan penularan virus. Namun, kesiapan menjalaninya perlu dilakukan sejak sekarang, karena adaptasi perlu proses.
Kita sama-sama tidak ingin anak-anak masuk sekolah dengan perilaku yang masih berisiko mudah tertular. Mereka perlu dibantu agar nantinya secara mandiri mampu untuk disiplin melindungi diri.
“New normal” pada prinsipnya adalah “New habit”.
Sebab penularan bukan saja terjadi karena tidak amannya kondisi lingkungan, namun juga dipersangat oleh kebiasaan kurang baik dengan minimnya kesadaran, kewaspadaan dan langkah preventif masing-masing individu dalam melindungi diri.
Soal “new habit” ini pun orangtua juga harus mengupayakan untuk dirinya sendiri, bukan hanya anak. Harus punya kesiapan dengan segala kondisi yang mungkin terjadi, termasuk jika diputuskan anak tetap belajar di rumah hingga kurun waktu yang tidak bisa ditentukan. Harus siap untuk terus mendampingi proses belajar tersebut setiap harinya. Harus siap ikut belajar memperbarui kemampuan dalam menggunakan teknologi daring. Harus turut mengupayakan ragam aktivitas yang bisa membantu anak memahami sesuatu. Harus siap mengelola emosi sebagai guru mereka di rumah, bukan kemudian banyak mengeluh seperti yang sudah-sudah.
Karena itu selagi masih ada waktu, mari sama-sama berproses membantu anak-anak dan diri sendiri untuk menumbuhkan berbagai kebiasaan baru yang lebih adaptif dengan kondisi sekitar.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s