Mengoptimalkan Stimulasi Perkembangan Saat Menemani Anak Bermain

Stimulasi adalah faktor penting yang memengaruhi optimal tidaknya perkembangan seseorang sejak masa pranatal. Stimulasi perkembangan perlu diberikan secara tepat sesuai tahapan usia anak, dengan memperhatikan pula berbagai kebutuhan di setiap aspeknya.

Di masa kanak-kanak awal, waktu-waktu bermain adalah saat yang sebaiknya tidak dilewatkan dalam memberikan berbagai stimulasi. Hanya saja dikarenakan berbagai sebab, belum semua orangtua memahami bagaimana cara mengoptimalkannya. Beberapa menganggap memberi kesempatan anak bermain sendiri, atau sekedar menyediakan alat permainan tertentu bagi anak sudah cukup untuk merangsang perkembangan mereka. Padahal tidak demikian. Keaktifan dan segala sesuatu yang dilakukan oleh orangtua selama menemani anak bermain adalah hal-hal yang justru lebih menentukan sebanyak apa dan sejauh mana kemampuan anak akan berkembang.

Tulisan edukasi bersama IPPI berikut ini mencoba memberikan pokok-pokok petunjuknya secara ringkas. Semoga bisa dimanfaatkan oleh para orangtua yang membaca dan kemudian berusaha menerapkannya.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s