(Buku Baru) – Belajar dan Bertumbuh Bersama: Catatan Reflektif Pengasuhan Anak

Enam bulan berjeda dari tulisan sebelumnya, ada banyak yang ingin dibagikan. Saya mulai dari terselesaikannya satu lagi buku parenting yang mengemas ulang buku Karena Kita Adalah Orangtua (2015), dan melengkapinya dengan beberapa tulisan lain.

Buku “Belajar dan Bertumbuh Bersama: Catatan Reflektif Pengasuhan Anak” ini saya susun sebagai salah satu sumber bacaan bagi orangtua, maupun yang bersiap menjadi orangtua tentang dinamika pengasuhan, dari usia pra-sekolah hingga saat anak menginjak remaja.

Mengasuh, sebagaimana banyak disadari selama ini, ternyata bukan proses yang mudah dilakukan. Terlebih ketika memahami bahwa setiap anak memiliki karakter dan kondisi yang berlainan. Kondisi ini juga berkait dengan lingkungan tumbuh kembang yang terus mengalami perubahan. Pendek kata, tantangan orangtua dalam memenuhi tanggungjawab pengasuhan tidak akan ada habisnya, membutuhkan serangkaian adaptasi dan strategi tertentu. Karenanya, buku ini diharapkan mampu memberikan gambaran tentang berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh setiap pengasuh atau pendamping anak untuk mengoptimalkan perkembangan mereka.

Buku ini bersumber dari catatan reflektif saya saat menerapkan berbagai konsep psikologi perkembangan dalam pengasuhan Damai dari waktu ke waktu, seiring pertambahan usianya. Paparan isi buku ini disusun dalam empat bagian. Bagian pertama berisi cerita-cerita yang merefleksikan prinsip pengasuhan anak, dilanjutkan dengan bagian kedua yang memuat rangkaian catatan tentang stimulasi dan pengembangan potensi. Pada bagian ketiga, saya menguraikan delapan catatan seputar bagaimana menyikapi tantangan dan menumbuhkan kebiasaan baik pada anak, dan bagian keempat berisi tulisan tentang adaptasi pengasuhan ketika anak beranjak remaja.

Poin-poin penting yang menjadi substansi pesan ditambahkan di akhir setiap bagian, untuk membantu pembaca mengingat hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam praktik pengasuhannya. Dengan pengaturan isi buku yang demikian diharapkan pembaca dapat memperoleh informasi secara komprehensif, sehingga kebermanfaatan dan tujuan penyusunan buku ini dapat tercapai dengan optimal.

Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Bintang Semesta Media, dan pemesanannya dapat dilakukan melalui nomor WhatsApp yang tertera pada gambar di atas, atau melalui website penerbit. Bersyukur sekali, buku ini juga telah mendapatkan Sertifikat Hak Cipta dari Kemenkumham, sebagaimana buku sebelumnya tentang lanjut usia yang juga diterbitkan oleh penerbit yang sama.

Processed with MOLDIV

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s