Sedikit Cerita Baik (yang lain) di 2019

Hari kedua 2020. Sedikit terlambat, namun tetap ingin mencatatkan dengan singkat di ruang ini tentang apa saja yang sudah dilakukan, diupayakan, dan dicapai dalam setahun lalu. Tahun penuh warna, dengan manis-pahit, bahagia pun nestapa, juga beragam tantangan beriring kepercayaan yang datang kerap tanpa diduga.

Pertama, dalam kapasitas saya sebagai Kaprodi S3, menjalankan amanah mengkoordinasi pengelolaan prodi sudah menjadi bagian dari hidup yang saya hayati. Hal-hal baik yang tercapai di 2019, buah kerja keras seluruh mahasiswa, dosen, dan staf pendukung yang lain begitu saya syukuri. Meski dalam proses menggerakkan langkah satu dengan yang lain agar seirama dalam mencapai tujuan kerapkali bertemu dengan tantangan dan hambatan yang tidak bisa dibilang mudah. Sering menyedot waktu, energi, juga menaik-turunkan emosi.

Tapi segala lelah pun terbayar pada waktunya. Tak ada ikhtiar yang sia-sia, manakala mencermati beberapa capaian prodi kami di 2019 lalu. Diantaranya:
1. Jumlah lulusan yang terus bertambah, setiap tahunnya.
2. Publikasi karya mahasiswa di berbagai jurnal internasional bereputasi yang juga terus meningkat.
3. Terselesaikannya kurikulum doctor by research yang sudah mendapatkan SK Rektor, dan disusul dengan suksesnya pelaksanaan Open House bulan lalu, yang begitu ramai peserta dan umpan balik positif.
4. Skor audit mutu prodi di 2019 yang konsisten berada pada kategori baik, dengan beberapa kekuatan seperti: (1) Keterlibatan aktif prodi sebagai bagian dari tim perumus kurikulum inti S3 Psikologi Indonesia di bawah koordinasi Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia / AP2TPI; (2) Adanya inovasi belajar dan peningkatan suasana akademik melalui aktivitas shared learning di luar jadwal perkuliahan; (3) Banyaknya program pengayaan kompetensi mahasiswa yang diselenggarakan sebagai bagian dari fasilitas belajar; (4) Pelibatan mahasiswa S3 dalam pengajaran/pengembangan wawasan dan kompetensi mahasiswa jenjang di bawahnya; (5) Fasilitasi belajar mahasiswa S3 kami melalui pelibatan dalam program exchange fakultas ke beberapa perguruan tinggi mitra di luar negeri; dan beberapa kekuatan yang lain.

Syukur pada Allah. Semoga Prodi S3 Psikologi UNAIR terus melejit ke depannya, menghasilkan lebih banyak sumberdaya handal yang mampu berkontribusi besar dalam membangun bangsa dan negara.

Kedua, di luar tanggung jawab sebagai Kaprodi, ada begitu banyak hal baik, kesempatan luar biasa, juga kepercayaan yang datang dari berbagai arah. Menguji mahasiswa doktoral di berbagai institusi besar yang lain, menerima amanah sebagai Ketua Umum Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI), mengajar resiliensi di 2 perguruan tinggi luar negeri, mendapatkan kepercayaan untuk memandu penyegaran ilmu dan penguatan metodologi riset kualitatif untuk staf dosen di sejumlah universitas, berkesempatan mengikuti kongres psikologi Eropa di Russia, dan sebagainya.

Jadi di ujung rangkaian cerita baik tersebut, teruntuk tahun istimewa 2019, terima kasih atas segala pengalaman dan ruang-ruang belajar kehidupan yang telah memperkaya hati

Apapun terlewati dengan penuh syukur. Terlebih ridha-Nya senantiasa menguatkan untuk tetap menempatkan amanah mendidik dan mendampingi tumbuh kembang Damai sebagai yang utama, diantara rangkaian panjang amanah yang lain, baik sebagai ilmuwan, profesional pendidik, Ketua Program Studi, Ketua Umum IPPI, dan sebagainya. Semoga Allah terus menjaga, mendampingi menyusuri waktu-waktu berikutnya di jalan yang penuh kebaikan, dan membawa kebaikan untuk sesama.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s