Amazing Turkey (3): Ephesus dan Jejak Kejayaan Yunani Kuno

Dari Istanbul, ke Bursa, lalu berpindah lagi ke Provinsi Izmir. Benar-benar serupa trayek bis antar kota antar provinsi, hihihi… Ada Ephesus yang kami kunjungi di wilayah ini.

Berlokasi di Kota Selcuk, Ephesus pada awalnya adalah kota kuno Bangsa Yunani, namun kemudian direbut dan mengalami kejayaannya pada masa Kerajaan Romawi. Di jaman Romawi, Ephesus adalah kota terbesar kedua setelah Roma. Kota ini dalam sejarahnya pernah hilang akibat gempa bumi, namun kemudian ditemukan dan dibangun kembali dan menjadi salah satu objek yang rasanya tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Turki.

Memasuki kompleksnya yang begitu luas dengan berbagai jejak bangunan yang megah, pikiran seakan terbawa untuk membayangkan bagaimana kehidupan pada jaman dimana kota ini masih berjaya ribuan tahun yang lalu. Terbayang adegan demi adegan film Gladiator! 😀

 

Kota ini terkenal karena Temple of Artemis (yang dibangun sekitar 550 sebelum masehi), yang menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Selain Kuil Artemis, beberapa peninggalan yang meski hanya tinggal reruntuhan namun berulang membuat mulut berdecak kagum adalah Celcus Library (perpustakaan terbesar ke-3 pada masanya yang didedikasikan untuk Tiberius Julius Celsus yang merupakan senator Romawi dan konon dimakamkan di bawah perpustakaan tersebut); Grand Theatre (bangunan seperti stadion berbentuk setengah lingkaran, dengan tempat duduk berundak-undak dan di bagian tengahnya terdapat area terbuka untuk pementasan. Selain untuk pertunjukan seni dan drama, bangunan ini juga digunakan untuk adu gladiator dengan binatang yang menjadi gaya khas Bangsa Ramawi pada masa tersebut); Hercules Gate; Temple of Hadrian, dan sebagainya.

Berikut beberapa foto yang sempat saya ambil selama di sana, semoga bisa membantu menggambarkan suasananya:

             (bersambung)

Iklan

3 thoughts on “Amazing Turkey (3): Ephesus dan Jejak Kejayaan Yunani Kuno

  1. Ping balik: Amazing Turkey (4): Konya dan Makam Mevlana | Wiwin Hendriani

  2. Ping balik: Amazing Turkey (5): Cappadocia dan Kota Batu yang Menakjubkan | Wiwin Hendriani

  3. Ping balik: Amazing Turkey (6): Cerita yang Tersisa | Wiwin Hendriani

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s