Catatan Kecil di Malam Tahun Baru

Mengakhiri Tahun 2015, mendadak ingin membuat catatan kecil untuk mengingat kembali apa saja hal menarik yang sudah saya lalui dalam satu tahun ini. Ide untuk menulisnya terstimulasi oleh sebuah pertanyaan tentang “Hal apa di Tahun 2015 yang membuat saya puas dan bangga pada diri saya?”

Ada begitu banyak nikmat rizqi telah Allah beri, yang mungkin tak akan cukup ruang untuk menuangkan semuanya dalam catatan ini. Namun mengapresiasi apa yang sudah saya upayakan setahun ini, setidaknya ada 5 capaian yang sangat saya syukuri, dengan setiap tantangan yang menyertai prosesnya.

  1. Menerbitkan buku “Karena Kita Adalah Orangtua: Percikan Cerita Pengasuhan Anak” yang kemudian mendapatkan apresiasi positif dari cukup banyak pembacanya.
  2. Menyelesaikan 2 tahun tugas mengawal jalannya kegiatan pembelajaran di Prodi Magister Psikologi Universitas Airlangga dengan baik, dan sempat memperoleh apresiasi di Kolokium Psikologi Indonesia XXV Makassar.
  3. Keterbatasan kemampuan ternyata tidak menghalangi saya untuk mampu mendampingi Damai mengembangkan bakat bermusiknya, sehingga tahun ini ia dapat melewati Ujian Royal ABRSM untuk Grade 1 dengan hasil Distinction. Begitu pula dengan pengembangan kemampuan menulisnya yang semakin terasah dengan konsistensi berlatih melalui media blog ayundadamai.com.
  4. Tetap menjaga komitmen untuk terus memperkuat pemahaman Damai tentang berbagai value sosial melalui aktivitas dan percakapan sederhana sehari-hari. Ini mungkin hal sepele, namun bagi saya adalah proses yang penting dalam menumbuhkan karakter positif anak sebagai bagian dari bekal hidupnya kelak.
  5. Mendampingi mahasiswa untuk memahami dengan lebih baik tentang mata kuliah yang saya sangat suka mengampunya yaitu riset kualitatif, melalui kegiatan perkuliahan yang lebih terencana dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

2016, tugas baru di kampus telah menanti. Damai dan perjalanan perkembangannya tentu juga akan membutuhkan beberapa penyesuaian yang berbeda dari waktu-waktu sebelumnya. Jadi, mari bersemangat! 😊

Processed with MOLDIV

Iklan

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s