Tentang Literatur Resiliensi

Beberapa kali saya memperoleh pertanyaan baik dari mahasiswa, rekan dosen, maupun pembaca tulisan saya, tentang dari mana saya memperoleh literatur resiliensi yang saya miliki dan gunakan selama ini.

Teman, seperti yang pernah saya informasikan sebelumnya, saya memperoleh banyak sekali referensi ilmiah tentang resiliensi dari internet. Internet sungguh telah membantu saya untuk mendapatkan jurnal-jurnal ilmiah dan e-book yang bisa dengan mudah saya download. Sejumlah diantaranya cukup dengan searching lewat google. Beberapa yang lain lewat gigapedia.

E-book yang mudah di-download misalnya:

– Kalil, A. (2003). Family Resilience and Good Child Outcomes. Wellington: Ministry of Social Development.

– VanBreda, A.D. (2001). Resilience Theory: A Literature Review. Pretoria: South African Military Health Service, Military Psychological Institute, Social Work Research and Development.

– Luthar, S.S. (2003). Resilience and Vulnerability, Adaptation in the Context of Chilhood Adversities. Cambridge: Cambridge University Press.

Tinggal ketikkan judul atau penulisnya saja sebagai kata kunci. Rujukan berupa laporan penelitian juga tersedia (di samping yang berbentuk jurnal).

Untuk jurnal misalnya:

– Sturgeon, J.A., and Zautra, A.J. (2010). Resilience: A New Paradigm for Adaptation to Chronic Pain. Current Pain and Headache Reports, Vol. 14, No. 2, 105-112. http://www.springerlink.com.

– Ungar, M. (2005). A Thicker Description of Resilience. The International Journal of Narrative Therapy and Community Work, 2005, Nos. 3 & 4, http://www.dulwichcenter.com.au.

– Ungar, M. (2003). Qualitative Contributions to Resilience Research. Qualitative Social Work, Vol. 2(1): 85-102. http://qsw.sagepub.com

– dan tentu masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, jika saya saja yang masih “gaptek” mampu memperoleh literatur-literatur ilmiah tersebut melalui internet, mengapa yang lain tidak? Tinggal meluangkan waktu untuk searching dan download dengan sabar dan selektif 😀

Iklan

14 thoughts on “Tentang Literatur Resiliensi

  1. Assalamualaikum…
    Ibu Wiwin yang saya hormati, bolehkah saya meminta alamat email ibu? saat ini saya sedang mengerjakan skripsi saya mengenai resiliensi penyintas. saya ingin sekali mengajukan beberapa pertanyaan mengenai hal tersebut, saya harap ibu tidak berkeberatan untuk berkorespondensi dengan saya via email. Ini email saya, caesarz_harrison@yahoo.com
    Semoga ibu sehat selalu,

    Terima Kasih
    Harison

  2. Selamat malam Ibu Wiwin, kalo bole saya tanya, sekarang ini saya sedang menyusun skripsi tentang Resiliensi – topiknya Ibu yang mempunyai anak cacat lebih dari satu orang.
    Apakah Ibu bisa membantu buku apa yg tepat tentang resiliensi dalam bahasa indonesia ataupun terjemahan dari bhs inggris.
    Saat ini saya sudah ada diantaranya buku Taping Your Inner Strength, Grotberg. Apakah ada yg terjemahan indonesianya ya Bu?

    trimakasih
    vanaluph11@yahoo.com

    • Sampai hari ini saya belum pernah mengakses buku resiliensi berbahasa Indonesia, Ivana… Semua yang saya gunakan berbahasa Inggris, diantaranya seperti yang saya tuliskan di atas 🙂

  3. assalamu’alaikum..
    Mba..izin bertanya…^^
    bagaimana agar bisa efektif mencari ebook yang kita ingin?
    khusus tentang resiliensi adakah ebook lain mba???
    hatur nuhun atensinya…)

    • Wa’alaikumsalam…
      Silakan…diijinkan kok, hehehe… ^^
      Pertanyaan pertama, jujur saya puyeng menjawabnya, karena saya sama sekali tidak punya jurus maut agar efektif mencari ebook, hiks…
      Cara yang saya tempuh ya biasa aja, googling dengan sabar dan ekstra tabah, hihihi… Serius ini!
      Untuk ebook yang lain yang saya tahu ada macem2, seperti: Strengthening Family Resilience (Froma Walsh, 2006, The Guilford Press); Resilience in Children, Families, and Communities (2005, Kluwer Academic/Plenum Publishers); dll…dll…

  4. Assalamu’alaikum….
    Ibu perkenalkan saya dani , seorang aktifis sosial di yayasan sam’an netra mulia Bandung (lembaga yang bergerak di bidang pembinaan AL QURAN BRAILLE serta pemberdayaan potensi disabilitas khususnya tunanetra) , sangat tertarik dengan kajian tentang resiliensi ini, boleh saya dapatkan alamat email Ibu, agar dapat berkonsultasi lebih jauh, jazakillah khoiron katsiron

  5. assalamualaikum. maaf mb saya ingin berkonsultasi mengenai resiliensi. apakah mb berkenan? kebertulan saya mengambil skripsi mengenai resiliensi pada penderita kanker. terimakasih.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s